Tuesday, May 3, 2011

DIES NATALIS KE KE-14 PRODI D-III MANAJEMEN USAHA PETERNAKAN FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Hari ini, genap 14 tahun usia Program Studi D-III Manajemen Usaha Peternakan.  Acara peringatan Dies Natalis diselenggarakan di Gedung Dekanat FP UNDIP, dengan acara utama Penandatanganan MoU antara Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dan Dekan Fakultas Peternakan UNDIP yang dilanjutkan dengan Peresmian Warung Sosial Kewirausahaan Mahasiswa.  Kegiatan Ilmiah yang diselenggarakan untuk lebih menyemarakkan puncak acara Dies Natalis ini adalah Diskusi Panel “Membangun Kewirausahaan Mahasiswa”.



Sambutan Ketua D3 MUP


Dalam sambutannya, Dr. Ir. Bambang Waluyo H.E.P, M.S., M.Agr.Sc, dalam laporannya selaku ketua panitia juga menyampaikan bahwa rangkaian peringatan Dies Natalis ke-14 ini juga akan dimeriahkan dengan Lomba Band antar SMU.

penandatanganan mou

Penandatanganan Naskah MoU antara Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dengan Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro dilakukan oleh Drs. Adhi Karsidi, M.Si., selaku  Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah  dan Bapak Prof. Dr. Ir. V. Priyo Bintoro, M.Agr. selaku Dekan FP UNDIP.

sambutan kepala dinan sosial


 Drs. Adhi Karsidi, M.Si., selaku Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah  dalam sambutannya menyampaikan bahwa sampai saat ini sekitar 6,3 juta jiwa atau sekitar 19,5% penduduk Provinsi Jawa Tengah tergolong sebagai Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).  Dijelaskan lebih lanjut bahwa tujuan pendirian Warsos bukanlah semata-mata berorientasi profit, tapi lebih dijadikan sebagai wahana interaksi antara mahasiswa dan masyarakat UNDIP dengan masyarakat umumnya. Dan diharapkan dengan ditandatanganinya MoU antara Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dan Dekan Fakultas Peternakan UNDIP akan dapat lebih efektif dan lebih berdaya guna dalam upaya mengentaskan PMKS, sehingga beban yang menjadi tanggungjawab bersama menjadi lebih ringan.

sambutan rektor undip


Rektor UNDIP, Prof. Sudharto P. Hadi, M.ES., Ph.D., dalam kata sambutannya menekankan bahwa  pendirian Warsos di lingkungan FP UNDIP merupakan kompetensi yang bakal dimiliki oleh para mahasiswa FP UNDIP.  Selain itu juga merupakan wujud kepedulian mahasiswa terhadap lingkungannya.  Rektor UNDIP juga menyampaikan penghargaan karena justru mahasiswa FP yang mendirikan warung sosial bukan mahasiswa Fakultas lain. 

doa


Acara Dies Natalis kali ini lebih disempurnakan dengan pembacaan Do’a dan bermunajah bersama dipandu oleh Agung Subrata, S.Pt., M.P.

tamu tamu
SELAMAT ULANG TAHUN KE-14 PRODI D-III MUP FAKULTAS PETERNAKAN.

peresmian warung sosial
peresmian warung sosial


PERESMIAN WARUNG SOSIAL KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA OLEH REKTOR UNDIP
Keberadaan warung sosial di Undip merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Untuk tahap awal, warung sosial tersebut dibuka di Fakultas Peternakan Undip. Penandatanganan nota kerja sama dilakukan di gedung Dekanat Fakltas Peternakan Undip hari ini.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Adhi Karsidi mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya mengatasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Jawa Tengah dan khususnya kota Semarang. "Tanggung jawab mengatasi masalah sosial tidak hanya ada di tangan pemerintah, tetapi juga seluruh masyarakat, termasuk perguruan tinggi," kata Adhi seperti dikutip dari keterangan tertulis Undip, Selasa (3/5/2011). 

Adhi menambahkan, warung sosial merupakan wahana interaksi mahasiswa di sekitar kampus. Dia dapat menjadi tempat berlatih wirausaha bagi mahasiswa sehingga dapat membantu perekonomian mereka, terutama bagi mahasiswa dari kalangan tidak mampu.

Rektor Undip  Sudharto P Hadi berharap, keberadaan warung sisial bisa memacu mahasiswanya untuk kreatif dan inovatif dalam berwirausaha, mengingat kemampuan wirausaha tersebut  diperlukan ketika mereka sudah lulus.

“Nantinya, warung sosial ini dapat menjadi simbol interaksi mahasiswa Fakultas Peternakan. Mahasiswa setelah selesai kuliah tidak langsung pulang, tapi bergiat di warung sosial dengan bertukar pikiran dan berdiskusi dengan teman-temannya untuk menghasilkan gagasan dan pemikiran yang produktif dan inovatif," kata Sudharto
SELAMAT BERKARYA BAGI BANGSA DAN NEGARA.
MAJULAH DUNIA PETERNAKAN. JAYALAH INDONESIA.

No comments:

Post a Comment

Comment Me