Pertumbuhan dan Perkembangan Ternak Sapi

Seperti halnya mahluk hidup lainnya, ternak sapi baik sapi potong (sapi pedaging) maupun sapi perah akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan, sejak dari pembuahan hingga menjadi dewasa.
Yang dimaksud dengan “pertumbuhan” adalah pertambahan berat badan atau pertambahan ukuran tubuh ternak sapi sesuai dengan umur. Pertumbuhan secara umum diukur dengan pertambahan berat badan. Sedangkan “perkembangan” adalah perubahan ukuran serta fungsi bagian tubuh, dapat diukur melalui tinggi badan, lingkar dada, lebar dada, dan sebagainya.

Kecepatan pertumbuhan ternak sapi tidak selalu sama. Pada saat pembuahan, pertumbuhan berlangsung lambat, kemudian menjadi cepat saat menjelang kelahiran. Sesudah lahir, pertumbuhan semakin cepat hingga usia penyapihan. Pertumbuhan secara cepat ini akan bertahan dari usia penyapihan hingga usia pubertas, dan mulai menurun pada saat usia dewasa, hingga akhirnya berhenti. Jadi, fase hidup ternak sapi yang pertumbuhannya paling cepat adalah pada saat sapi dilahirkan hingga mencapai usia pubertas.
Pada ternak sapi yang berasal dari eropa, pertumbuhan akan berhenti pada umur sekitar 3 tahun. Sedangkan pada ternak sapi yang berasal dari daerah tropis, pertumbuhan akan berhenti pada usia yang lebih panjang, yaitu pada umur 4 tahun.

Jika ternak sapi bertambah berat badannya, sedangkan jika dilihat dari umur seharusnya pertumbuhannya telah berhenti, maka sesungguhnya yang bertambah adalah lemak, bukan pertumbuhan murni. Proses pertumbuhan terkadang juga terhenti sebelum ternak sapi mencapai usai dewasa. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa factor antara lain : pakan, kondisi kandang dan penyakit.
Setiap peternak sapi  jenis sapi potong( sapi pedaging) wajib memiliki pengetahuan mengenai usia sapi yang dipelihara, dengan tujuan :
  • Peternak dapat memaksimalkan pertumbuhan ternak sapinya.
  • Ternak sapi dapat dijual tepat waktu untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Karena dengan mengetahui dengan tepat umur ternak sapinya, peternak dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya.
Sumber : Duniasapi

Penulis : Bagus Fitriansyah ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pertumbuhan dan Perkembangan Ternak Sapi ini dipublish oleh Bagus Fitriansyah pada hari Monday, May 9, 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Pertumbuhan dan Perkembangan Ternak Sapi
 
Reaksi: 

1 komentar:

  1. apaan nih blog nya cuma copy paste doang...

    ReplyDelete

Comment Me