Wednesday, October 26, 2011

MENGGERAKKAN MOTIVASI

A.    MOTIF SOSIAL DAN MERAIH PRESTASI
Di sini ada 3 Motif Sosial yang ada di dalam diri manusia. 3 Motif ini tidak akan pernah lepas dari manusia.
  1. Motif Bersahabat, dimana manusia ingin selalu berhubungan dengan orang lain. Ciri-cirinya antara lain: Ingin berhubungan secara horizontal (sesama manusia), bersikap ramah dan orangnya humoris, selalu ingin menjalin persahabatan dengan orang lain, merasa senang apabila dia hidup dengan orang lain, dan merasa sedih apabila dia kehilangan seorang teman.
  2. Motif Berkuasa, dimana semua manusia pasti mempunyai keinginan untuk menguasai/mendominasi. Ciri-cirinya antara lain: Mempunyai minat untuk memerintah orang, jenis hubungan yang dia inginkan adalah secara vertikal (Atasan – Bawahan), selalu bangga atas reputasi yang didapatnya, dan selalu mengungkit kembali masa lalu.
  3. Motif Berprestasi, yaitu motif dimana seorang manusia mengarahkan dirinya kepada sesuatu yang menitikberatkan kepada pencapaian prestasi.
B.     MENINGKATKAN MOTIVASI
Menata emosi sebagai alat untuk mencapai tujuan merupakan hal yang sangat penting dalam kaitan untuk memberi perhatian, untuk memotivasi diri sendiri (achievement motivation). Kendali diri emosional menahan diri terhadap kepuasan dan mengendalikan dorongan hati adalah landasan keberhasilan dalam berbagai bidang. Keterampilan memotivasi diri memungkinkan terwujudnya kinerja yang tinggi dalam segala bidang. Orang-orang yang memiliki keterampilan ini cenderung jauh lebih produktif dan efektif dalam hal apa pun yang mereka kerjakan.
C.    MEMOTIVASI ORANG LAIN
Memotivasi orang lain bukan sekadar mendorong atau bahkan memerintahkan seseorang melakukan sesuatu, melainkan sebuah seni yang melibatkan berbagai kemampuan dalam mengenali dan mengelola emosi diri sendiri dan orang lain. Paling tidak kita harus tahu bahwa seseorang melakukan sesuatu karena didorong oleh motivasinya. Ada tiga jenis atau tingkatan motivasi seseorang, yaitu:
(1) Motivasi pertama adalah motivasi yang didasarkan atas ketakutan (fear motivation). Dia melakukan sesuatu karena takut jika tidak maka sesuatu yang buruk akan terjadi, misalnya orang patuh pada bos karena takut dipecat, orang membeli polis asuransi karena takut jika terjadi apa-apa dengannya, anak-istrinya akan menderita.
(2) Motivasi kedua adalah karena ingin mencapai sesuatu (achievement motivation). Motivasi ini jauh lebih baik dari motivasi yang pertama, karena sudah ada tujuan di dalamnya. Seseorang mau melakukan sesuatu karena dia ingin mencapai suatu sasaran atau prestasi tertentu.
(3) Sedangkan motivasi yang ketiga adalah motivasi yang didorong oleh kekuatan dari dalam (inner motivation), yaitu karena didasarkan oleh misi atau tujuan hidupnya. Seseorang yang telah menemukan misi hidupnya bekerja berdasarkan nilai (values) yang diyakininya. Nilai-nilai itu bisa berupa rasa kasih (love) pada sesama atau ingin memiliki makna dalam menjalani hidupnya. Orang yang memiliki motivasi seperti ini biasanya memiliki visi yang jauh ke depan. Baginya bekerja bukan sekadar untuk memperoleh sesuatu (uang, harga diri, kebanggaan, prestasi) tetapi adalah proses belajar dan proses yang harus dilaluinya untuk mencapai misi hidupnya.

No comments:

Post a Comment

Comment Me