Wednesday, October 26, 2011

TAHAPAN KELAHIRAN PADA SAPI

Ada 3 tahapan yaitu :
1.       Persiapan
2.       Pengeluaran foetus dan plasenta yang terdiri dari :
a.       Kontraksi awal
b.      Kontraksi kuat untuk mengeluarkan foetus
c.       Kontraksi kedua untuk mengeluarkan plasenta
3.       Setelah melahirkan

1.       TAHAP PERSIAPAN
A.      Kelahiran normal, merupakan tahap yang lebih paanjang periodenya dibanding tahapan kontraksi. Pada tahap ini, hewan diberi makanan terutama makanan yang bnayak menghasilkan energi yang dibutuhkan saat kontraksi
B.      Tahap persiapan ini memerlukan waktu beberapa jam bahkan beberapa hari dibanding kontraksi yang umumnya terjadi dalam beberapa menit saja
2.       TAHAP KONTRAKSI, Intensitas kontraksi myometrium yang sangat tinggi sampai selaput atau plasenta foetalis allantois keluar dari vulva. Hewan menjadi sangat gelisah. Pengluaran foetus terjadi sangat cepat sedangkan pengeluaran plasenta terjadi secara pelahan tergantung pada mekanisme kontraksi kedua.





3.       SETELAH MELAHIRKAN, terjadi regenerasi endometrium  :
Setelah plasenta keluar, kripta uteri memendek serta terjadipenyempitan pembuluh darah uterus
               

                Pada tahapan ini terjadi 2 hal yang utama :
1.       INVOLUSI UTERUS (sekitar 2 siklus berahi), merupakan periode untuk mengecilkan ukuran uterus menjadi ukuran yang normal. Terdiri dari :
a.       Regenerasi epitel endometrium
b.      Myometrium mengecil
c.       Pembuluh darah uterus mengecil
2.       Estrus setelah melahirkan, ditandai dengan terjadinya regresi korpus gravididatum secara cepat. Akan tetapi periode ini dapat memanjang pada mamalia apabila terjadi kelahiran abnormal  atau distokia. Kelainan ini disebut retentio secundinae atau plasenta yang tertahan yang terjadi karena kontaksi kedua yang lemah atau tidak terjadi kontraksi sehingga kotiledon plasenta tidak dapat lepas dari karunkula.

No comments:

Post a Comment

Comment Me